Sejarah Tahun Baru Hijriah. Part 1

Tahun baru Islam dimulai dengan bulan Muharram, dimana pada bulan tersebut banyak terjadi peristiwa-peristiwa besar dan penting dalam sejarah umat Islam, yaitu peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke kota Madinah pada Tahun 622 Masehi.

Nama Muharram secara bahasa diartikan sebagai bulan yang diharamkan. Dimana dalam bulan tersebut orang-orang Arab dilarang (diharamkan) untuk melakukan perperangan.

Bangsa Arab dari zaman dahulu hingga pada zaman Nabi Muhammad SAW. bahkan hingga saat ini, menyakini bahwa bulan Muharram adalah bulan yang mulia, bulan yang suci, sehingga tidak pantas menodai bulan tersebut dengan perpecahan dan peperangan, terlebih lagi sampai timbul pertumpahan darah.

Ada beberapa peristiwa  penting yang terjadi dibulan Muharram dari masa ke masa, selain peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke kota Madinah, diantaranya adalah :

Peristiwa diterima taubatnya Nabi Adam Alaihis Salam (AS) oleh Allah SWT. dari satu perbuatan dosa beliau. yakni ketika Nabi Adam AS. masih berada di alam surga, beliau melanggar larangan Allah agar tidak mendekati pohon buah Khuldi, apalagi memakannya. Kemudian beliau terbujuk oleh rayuan syetan sehingga beliau melanggar dengan memakan buah tersebut bersama Istri beliau yang bernama Siti Hawa. Dan oleh sebab itu, Allah SWT murka, dan mereka berdua diusir dari alam surganya Allah SWT.

Setelah diterima taubatnya, Nabi Adam AS, dipertemukan kembali dengan istri beliau di Jabal Rahmah. Yang diyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Muharram.

Berlabuhnya kapal nabi Nuh AS dibukit Zuhdi dengan selamat beserta kaumnya yang telah beriman, setelah banjir bandang yang sangat besar melanda dunia yang banyak membinasahkan umat manusia.

Selamatnya Nabi Ibrahim As dari siksaan Raja Namrud yang dimasukkan kedalam tumpukan bara api yang sangat dahsyat membara.

Dibebaskannya Nabi Yusuf dari penjara karena fitnah yang menimpanya.

Disembuhkannya Nabi Ayyub As. dari penyakitnya yang bertahun-tahun dan menjijikkan.

Terbelahnya laut Merah saat Nabi Musa AS dikejar oleh pasukan dan bala tentara Raja Fir’aun, sehingga Nabi Musa AS bersama Kaumnya selamat dari kejaran Raja Fir’aun.

Selamatnya Nabi Yunus As dan bisa keluar dari perut ikan besar.

Bahkan terjadi perang besar terhadap kaum Yahudi yang suka berbuat kekacauan serta perpecahan dikota Madinah, yang dikenal dengan Perang Khaibar yang terjadi pada bulan Muharram tahun ketujuh hijriyah.

Semua kejadian tersebut terjadi pada tanggal 10 bulan Muharram. Yang dikenal dengan hari Asyura. Oleh karna itu pantaslah jikalau hari Asyura’ dan bulan Muharram dijadikan hari dan bulan yang sangat spesial dan bersejarah bagi umat Islam dan di agungkan dari masa ke masa.

Berdasarkan dari kejadian-kejadian tersebut, perhitungan awal tahun baru Islam dimulai dari bulan Muharram. Dan penetapan tersebut terjadi pada masa Kholifah Umar bin Khattab RA. Tepatnya 6 tahun setelah wafatnya baginda Nabi Muhammad SAW.

Ketika itu Kholifah Umar bin Khattab bermusyawarah dengan para sahabat, kemudian mereka berijma’ untuk menjadikan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW, sebagi momentum dimulainya perhitungan awal tahun dalam kalender Islam yang sekarang dikenal sebagai kalender Hijriyah.

Apa saja amalan istimewa yang bisa kita kerjakan dibulan Muharram.. dan seberapa besar pahalanya.… [bersambung …. ke- Part 2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *