Selamat Hari Pramuka

Foto diambil pada saat Hari Pramuka 2019

Di Indonesia, 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka atau yang dahulu dikenal sebagai gerakan Kepanduan.

Gerakan kepanduan ini juga terdapat di berbagai negara di dunia dan memiliki sejarah yang sangat panjang. Sebutan internasional untuk gerakan Kepanduan adalah Scouting atau Scout Movement.

Gerakan ini dicetuskan oleh seorang anggota angkatan darat di Inggris, yang bernama Robert Baden-Powell. Antara tahun 1906-1907, ia menulis buku Scouting for Boys. yang pada intinya, buku ini merupakan panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan, ketangkasan dan cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral.

Apa yang dicetuskan Robert Baden-Powell ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi gerakan Kepanduan, yang di Indonesia disebut dengan Pramuka. Hari lahir Robert Baden-Powell yakni tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional. Ia lahir di London pada 22 Februari 1857.

Di Indonesia Istilah Pramuka dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, terinspirasi dari kata Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang. Namun, kata Pramuka diejawantahkan menjadi Praja Muda Karana yang berarti “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”.

Kepanduan atau Pramuka Indonesia dengan lika-liku sejarahnya yang panjang, dari jaman Penjajahan Belanda, Jepang hingga masa kemerdekaan. Istilah Pramuka resmi digunakan untuk menyebut gerakan Kepanduan nasional, baru terjadi setelah Indonesia merdeka. Tepatnya pada 14 Agustus 1961. Pada saat pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, serta penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka Oleh Presiden Soekarno di Istana Negara.

Idenya bermula dari gagasan Presiden Soekarno yang ingin menyatukan seluruh gerakan Kepanduan di Indonesia. Dan pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang secara ikhlas melebur menjadi satu dalam organisasi Gerakan Pramuka yang dilakukan di Istana Olah Raga (ISTORA) Senayan pada tanggal 30 Juli 1961 yang disebut sebagai HARI IKRAR GERAKAN PRAMUKA

Maka, setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Misi utama gerakan Pramuka adalah untuk mendidik pemuda dan pemudi Indonesia, dari usia anak-anak hingga dewasa, agar memiliki rasa cinta tanah air dan bela negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *